https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ https://bappeda.langsakota.go.id/slot-terbaik/ https://mediasumbar.everettsonthego.com/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
PENGARUH METODETHINK-PAIR-SHARE TERHADAP MOTIVASIDAN HASIL BELAJAR MAHASISWA | Widiyatmoko | Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)

PENGARUH METODETHINK-PAIR-SHARE TERHADAP MOTIVASIDAN HASIL BELAJAR MAHASISWA

Widiyatmoko Widiyatmoko

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) Penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada mata kuliah listrik dan elektronika otomotif, (2) Perbedaan motivasi dan hasil belajar mahasiswa antara mahasiswa yang diajar menggunakanmetode ceramah denganmetode TPS. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi-experimental research). Desain yang digunakan adalah nonequivalent control group desain. Subjek penelitian ini berjumlah 56 mahasiswa yang terdiri dari kelompok kontrol sebanyak 28 mahasiswa dan kelompok eksperimen sebanyak 28 mahasiswa. Kelompok kontrol diajar menggunakan metode ceramah, dan kelas eksperimen diajar dengan metode TPS. Teknik analisis  menggunakan independent t test (uji t).Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peningkatan nilai rata-rata motivasi dan hasil belajar dengan metode  TPS lebih tinggi dibandingkan menggunakan motode ceramah, (2) motivasi dan hasil belajar  mahasiswa pada mata kuliah listrik dan elektronika otomotif yang diajar dengan metode TPS lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa yang diajar dengan metode ceramah.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v2i2.3467

Refbacks

  • There are currently no refbacks.